Install VNC Server pada Centos 6


Virtual network computing (VNC) adalah software remote-control yang memungkinkan untuk mengontrol komputer lain melalui koneksi network. Pencetan keyboard dan mouse click dikirimkan dari satu komputer ke komputer lainnya sehingga seseorang dapat mengelola sebuah dekstop, server dan alat yang terhubung jaringan tanpa harus di lokasi yang sama.
VNC bekerja pada model client/server. Sebuah VNC Viewer (atau client) diinstall pada komputer lokal dan dihubungkan dengan server yang harus diinstall di komputer remote. Server mengirim duplikasi dari display komputer remote ke viewer (client). Server juga menerjemahkan command dari viewer dan menerapkannya pada komputer remote.
VNC adalah platform independent dan kompatible dengan operating system apapun. Komputer harus berada di jaringan TCP/IP dan memiliki port yang terbuka untuk traffic dari IP address suatu alat yang akan mengontrol.
VNC dikembangkan di AT&T Laboratories. Source code VNC aslinya adalah open source dibawah GNU General Public License dan jenis yang lainnya juga ada secara komersial.
Kelebihan VNC Remote Dekstop:

  • Dapat melakukan sebuah pekerjaan dari jarak  jauh
  • Remote ini dapat memudahkan kita melakukan konfigurasi pada server kita punyai
  • dapat digunakan melalui smartphone khususnya Android

tidak usah berlama-lama lagi langsung saja kita mulai cara install VNC server pada VPS yang kita punya

  1. Karena pada VPS belum memiliki GUI atau hanya sebatas shell command, maka silahkan anda install dekstop environment seperti GNOME terlebih dahulu dengan command :
  2. langkah selanjutnya install VNC server dengan Command
  3. langkah selanjutnya kita menginstall font
  4. setelah selesai menginstall font selanjutnya kita bikin supaya VNC server langsung bekerja saat VPS direstart
  5. kemudian membuat password untuk VNC silahkan masukan password anda sebanyak dua kali
  6. Tahapan selanjutnya adalah melakukan pengaturan VNC server yang terletak di /etc/sysconfig/vncservers. Silahkan gunakan editor yang biasa anda gunakan. Seperti biasa saya menggunakan nano editor.

    kemudian Copy paste kode dibawah ini dan letakkan code tersebut pada baris paling bawah
  7. kemudian restart VNC server
  8. Supaya bisa langsung masuk ke halaman GUI GNOME saat start up, kill terlebih dahulu service VNC kemudian edit file start up

    Lihat baris paling bawah, silahkan beri tanda pagar di baris tersebut, tepatnya pada ‘twm &’ serta tambahkan ‘exec gnome-session &’ untuk baris dibawahnya, sehingga menjadi :
  9. terakhir tinggal Anda start VNC server anda dengan

lalu untuk dapat mengakses atau melihat tampilan VPS / Server anda yang telah terinstall VNC tersebut, silahkan gunakan VNC viewer. VNC viewer tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux, Mac OS X, Android, iOS dan lain-lain. VNC viewer juga dapat beroperasi di google chrome. Cara menggunakannya cukup ketikan IPVPS:1 atau Domainanda:1, misalkan 127.0.0.1:1
anda dapat mendownload aplikasi VNC viewer dengan Klik Disini

Admin

Admin

Owner Website ini

Mungkin Anda juga menyukai

Scroll Up